Lightroom yang bernama lengkap Adobe Photoshop Lightroom adalah sebuah program software buatan Adobe yang khusus diperuntukan untuk dunia fotografi. Software ini dirancang sebagai alat pembantu untuk mengelola, mengolah dan mengedit foto digital pada komputer. Jika demikian bukankah sama dengan Adobe Photoshop biasa? Tentu saja berbeda, karena Photoshop merupakan program editing grafis. Disinilah letak perbedaannya, dimana Photoshop biasa digunakan untuk retouch foto serta membuat efek manipulasi foto. Sedangkan Lightroom dipergunakan lebih ke retouch foto dan permainan efek warna dengan lebih bervariasi. Jadi kelebihan Adobe Lightroom memang terletal pada pengolahan tonal-tonal warna foto yang lengkap serta lebih mudah.
Kelebihan Adobe Lightroom pada permainan efek warna membuat software ini banyak digunakan fotografer dunia, sedangkan tool-tool dan fitur untuk manipulasi Photoshop membuatnya banyak dipakai oleh para “Photoshoper”. Bahkan sebuah survei membuktikan bahwa hampir 90% fotografer di Amerika Serikat menggunakan Adobe Ligtroom untuk olah digital foto mereka dan 10% menggunakan Photoshop biasa. Sebaliknya di Indonesia justru kemungkinan adalah 90% menggunakan Photoshop biasa dan 10% menggunakan Adobe Lightroom. Sebenarnya tidak salah juga jika banyak fotografer yang menggunakan Photoshop. Hanya saja jika mau melihat lebih jauh mengenai kelebihan Adobe Ligtroom agaknya akan banyak fotografer yang beralih ke software ini. Berikut ini Cara mengedit menggunakan Adobe Ligtroom.

Kali ini saya akan membahas mengenai Adobe Lightroom . Aplikasi ini menjadi aplikasi multimedia editor yang paling terkenal dan banyak digunakan. Adobe Lightroom sendiri bisa dibilang lebih mudah dibandingkan Photoshop karena pada Lightroom karena berbasis dan lebih difokuskan pada pengaturan pencahayaan


Untuk memasukkan gambar ke Lightroom, bisa dengan menggunakan tombol Import atau dengan mudah drag (Tarik Gambar) gambar ke jendela Lightroom.



Setelah Itu Pilih IMPORT (Bisebelah Kiri Monitor anda).


Kemudian Pilih Develop untuk memulai pengeditan.
  

Untuk proses edit, kamu bisa mencoba menggunakan tools yang ada dibagian kanan.

Cara Export file dari Lightroom

Setelah mengedit foto di Lightroom, tentu kita ingin menyimpan file yang sudah selesai diedit.




Cara ekspor file dari Lightroom, posisi software tetap di Develop mode. pilih 
File - Export (Ctrl+Shift-E)



 Pilih Peletakan / Penyimpanan foto yang anda sudah edit tadi , pilih Choose..  Kemudian Tinggal Tekan Export dibagian Kanan bawah ..